Selasa, Oktober 02, 2007

Lebih dekat dengan jerawat

wahhhh,,,bingung juga saat memilih tema untuk artikel perdana saya ini. Setelah dipikir-pikir sepertinya jerawat cukup menarik untuk dibicarakan. Jerawat sudah menjadi sesuatu yang ga asing lagi dikalangan remaja bisa dibilang uda kaya sahabat dimana ada kita disitu ada jerawat yang nempel. Tapi kebanyakan kita ga kenal dekat dengan jerawat, ada istilah ga kenal maka tak sayang heuheu,,,kayanya ga termasuk jerawat deh!!!. Tapi ga ada salahnya kita tau lebih jauh mengenai jerawat.
Kita mulai dengan apa sih jerawat itu??jerawat adalah suatu kondisi yang tidak normal pada kulit akibat adanya gangguan yang berlebih pada produksi kelenjar keringat/kelenjar sebasea sehingga saluran folikel rambut dan pori-pori kulit menjadi tersumbat. Nah pori-pori yang tersumbat ini terinfeksi bakteri sehingga menyebabkan kulit mengalami pembengkakan (abses) pada permukaannya.
Jerawat lebih sering pada remaja usia 12-20 tahun karena pada usia ini terjadi peningkatan hormon androgen. Masalahnya hormon ini menyebabkan peningkatan kadar minyak sehingga dapat terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit kita, tetapi ada beberapa kasus terjadi pada usia 30 tahunan karena selain akibat ketidakseimbangan hormon jerawat dapat juga disebabkan oleh kontaminasi dengan bakteri, kontaminasi zat kimia tertentu/alergi obat, cuaca panas, tekanan psikologis (stres), keturunan, makanan berlemak yang dapat merangsang aktivitas kelenjar lemak. Menurut voting makan yang dapat memperburuk kondisi jerawat antara lain udang, kacang, coklat, es krim, daging bergajih, gula. Tetapi menurut penelitian medis hingga kini belum ditemukan perbedaan yang berarti antara dua kelompok manusia yang mengkonsumsi makan diatas dan yang tidak.

Ada 3 tipe jerawat, yaitu:
  • komedo (merupakan nama ilmiah dari pori-pori yang tersumbat) : ada yang terbuka dan yang tertutup. Yang terbuka di sebut blackhead (seperti pori-pori yang membesar dan berwarna hitam), berwarna hitam karena teroksidasi dengan udara bukan karena kotoran. Dan yang tertutup disebut whitehead, memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat makanya terlihat seperti tonjolon putih kecil-kecil di bawah kulit. Cara pencegahannya yaitu dengan membersihkan wajah setiap pagi dan malam dengan pembersih yang mengandung salicylic-acid atau AHA/BHA untuk mengelupas sel-sel kulit mati, scrub seminggu sekali, bawa kertas minyak untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah,atau pakai masker seminggu sekali.
  • jerawat biasa : jerawat kecil-kecil berwarna merah dan biasanya berkumpul di salah satu bagian muka, hal ini akibat terkontaminasi dengan bakteri karena jika kulit memproduksi minyak berlebihan maka merupakan tempat yang baik untuk perkembangbiakan bakteri. Cara pencegahannya dengan menggunakan sabun muka yang mengandung benzoyl-peroksida untuk membunuh bakteri atau jaka kulit sensitif dapat digunakan produk yang mengandung sulfur seperti Neo medrol, bisa juga pakai salep yang mengandung antibiotik seperti Garamycin yaitu salep yang dapat membunuh bakteri dan mengatasi peradangan.
  • Cystic acne(jerawat batu) : jerawat besar dengan tonjolan-tonjolan yang meradang hebat menyebar di seluruh muka. Secara genetic penderita ini memiliki kelenjar minyak yang overaktif, memiliki pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak dapat bergenerasi secepat kulit normal, dan memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit. Pencegahannya adalah meminta dokter untuk memberi antibiotik seperti tetracycline karena obat-obat yang dijual dipasar tidak akan mempan mengatasinya. Jika sebulan belum ada tanda-tanda perbaikan bisa juga dengan meminta dokter menyuntikan cortisone yang dapat membuat jerawat ini sembuh dalam waktu 48 jam. Obat Accutane juga bisa dijadikan pilihan terakhir tapi penyembuhannya memakan waktu 5 bulan dan memiliki efek samping seperti bibir pecah-pecah (untuk bibir pecah-pecah bisa pakai acclovate atau lipbalm anti peradangan), kulit kering, dan dapat menyebabkan cacat bayi pada ibu hamil.

Nah sekarang kalian tau kan tipe jerawat kalian dan silahkan dicoba cara pencegahannya. Semoga berhasil,,,,,,:D

1 komentar:

sismawan mengatakan...

.... Thanks.... I like it...