Kamis, Oktober 04, 2007

menstrulasi

Tiap bulan setiap wanita dewasa yang sehat dan tidak hamil kedatangan tamu istimewa. Tamunya ini datang dengan susah payah dan mengalami proses yang cukup panjang. Pengen tahu gimana susahnya dia datang?sebenarnya prosesnya lebih rumit lagi tapi agar lebih mudah dimengerti ruang lingkup mekanismenya sedikit diperkecil aja y,,heuheu.. Baca yukkkkk,,,,,:)
Jadi menstrulasi itu bisa diartikan sebagai perdarahan vagina yang disebabkan oleh terlepasnya lapisan endometrium uterus dari dinding rahim. Hal ini merupakan proses yang normal untuk wanita karena adanya perubahan hormonal yaitu estrogen dan progesterone.




Di ovarium kita terjadi pertumbuhan folikel yang disebut dengan fase folikuler. Fase folikuler terdiri dari folikel primer yang sudah ada sejak kehidupan fetal (3-7 bulan, tetapi belum berkembang menjadi folikel sekunder), kemudian atas respon dari meningkatnya FSH folikel primer berkembang menjadi folikel sekunder (dimulai pada usia pubertas sekitar 10-14 tahun), lalu menjadi folikel matang/graffian follicle. Pada hari ke 14 (untuk siklus 28 hari)LH menyebabkan folikel de graff ruptur tejadilah ovulasi sehingga ovum keluar dari ovarium (rupturnya folikel de graff ini kemudian menjadi degenerasi copus luteum dan mulai dari siklus folikel primer lagi). Lalu ovum ini berjalan melalui tuba fallopii menuju ke uterus. Kemudian kadar progesteron meningkat. Untuk persiapan terjadinya kehamilan dinding uterus kita menebal yang dibantu oleh progesteron tersebut ( penebalannya juga terjadi secara bertahap melalui fase-fase). Apabila ovum dibuahi oleh sel sperma maka hasil dari pembuahan tersebut menempel pada dinding uterus dan terjadi kehamilan, akan tetapi apabila tidak dibuahi maka ovum tersebut akan hancur dan diserap oleh tubuh selain itu kadar progesteron dan estrogen juga akan turun sehingga dinding rahim luruh dan menghasilkan perdarahan menstrulasi.

Seru juga ya peristiwa yang terjadi di ovarium dan rahim kita..

Tidak ada komentar: